Minggu, 26 Juli 2009

Wajah Baru Yahoo

JAKARTA - Yahoo Inc, 21 Juli lalu meluncurkan tampilan halaman muka terbaru situs mereka versi beta. Tampilan itu menjanjikan fitur-fitur baru termasuk kemampuan untuk berintegrasi dengan Facebook, Twitter, Myspace dan situs-situs jaringan sosial lain yang diikuti pengguna.

Dalam upaya nyata meraup kembali jumlah pengunjung tinggi di saat kejayaan, Yahoo juga membuat perubahan di wajah dan 'rasa' desain. Namun sejauh ini, perubahan itu bukan tanpa tersendat-sendat.

Wajah baru Yahoo ternyata terlihat di sejumlah pengguna, namun tidak bagi beberapa pengguna lain. Dan, ketika tampilan baru tidak muncul, tidak ada nota atau penjelasan jika telah muncul perubahan. Sebagai tambahan, tampilan baru yang telah mengalami update, minim widget yang diinginkan, yang dapat membuka jendela baru dengan salinan Facebook yang dapat berfungsi sepenuhnya.

Namun, perubahan itu masih mendapat apresiasi positif. Tampilan muka baru itu merupakan langkah besar kedepan dari halaman versi lama, demikian menurut analis prinsipal, Dan Olds, dari Gabriel Consulting Group.

"Halaman muka ini memungkinkan menambah tautan-tautan non-Yahoo, seperti Facebook dan Twitter, ke bagian favorit, sementara situs muka lama Yahoo hanya tertaut pada aplikasi Yahoo dan partner-partnernya," papar Dan. "Jadi ini merupakan langkah maju besar," imbuhnya.

"Halaman baru memiliki fitur-fitur solid baru, namun bila mereka tidak berfungsi tepat, mereka tidak akan mendongkrak performa yang seharusnya mereka tawarkan," kata Dan. "Saya sendiri sedikit prihatin dengan mekanisme peluncuran. Tidak pengumuman jelas pada pengguna tentang versi baru di halaman lama, tidak ada diskusi di halaman baru tentang fitur baru. Seperti peluncuran siluman," ucapnya.

"Padahal itu bukan yang dibutuhkan perusahaan," kata Dan "Mereka butuh momentum besar dan respon sebanyak mungkin. Saya tidak tahu apakah mereka akan mendapatkannya," ujarnya lagi.

Situs itu pada akhirnya diharapkan membuat pengguna mampu menambah widget ciptaan mereka sendiri ke halaman muka, menyesuaikan tampilan sesuai dengan keinginan dan ketertarikan. Contoh, orang dapat menambah widget untuk pelacak harga saham, informasi kesehatan, dan bahkan widget untuk menemukan acara-acara yang akan berlangsung di lokal area pengguna.

Ketika Yahoo membayar Carol Bartz sebagai CEO pada Januari lalu, pengamat mengatakan misi pertama CEO wanita tersebut adalah memulihkan kembali kerumunan pengunjung. Kondisi itu dulu selalu mengitari Yahoo sebagai salah satu perintis online.

Peluncuran wajah baru dengan rendah hati itu dilakukan tak lama setelah periset online melaporkan bahwa Yahoo tetap tegar, meski mengalami pukulan telak dari Bing, mesin pencari Microsoft terbaru. Maklum saja, Bing, telah mencuri beberapa irisan kue bolu Yaho

Meski telah dipukul telak oleh, Bing, mesin pencari terbaru Microsoft, Yahoo tetap tegar dan meluncurkan wajah barunya dengan rendah hati. Maklum saja, Bing, pendatang baru itu telah mendapat posisi Yahoo, di spot paling diinginkan sebagai mesin pencari kedua setelah raksasa Google. Dalam sebuah pelacak jejak trafik pengunjung online bahkan menyebut, si Bing telah melampaui Yahoo dalam pembagian irisan bolu bisnis mesin pencari. (computerworld/itz)

Republika

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kondisi ekonomi di hampir semua negara memaksa pelaku bisnis selalu mencari terobosan terobosan, yahoo salah satunya setelah lama kalah bersaing dengan Google.